PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES 101864 TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, KLARA, 1505030199 (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD INPRES 101864 TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (458kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (112kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Artikulasi terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 101864 Gunung Rintih sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 40 orang dan sebagai sampel yaitu kelas IVa sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 orang dan IVb sebagai kelas kontrol sebanyak 20 orang. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian adalah Soal Pre Test dan Post Test bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal diambil dari soal UN. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan ∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh rata-rata kemampuan siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Artikulasi adalah 86, sedangkan rata-rata kemampuan siswa yang diajarkan dengan metode Konvensional adalah 67.59 dan kemampuan siswa yang diajarkan dengan model Pembelajaran Artikulasi lebih baik daripada kemampuan siswa yang diajarkan dengan metode konvensional di kelas IV SD Inpres 101864 Gunung Rintih Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Articulation Learning Models, Natural Resources
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 01:50
Last Modified: 09 Mar 2020 01:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/388

Actions (login required)

View Item View Item