PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025

BUKIT, LORA EPLITA BR, 2105030166 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (491kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (726kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar siswa sebelum menggunakan model project based learning dan sesudah menggunakan model project based learning. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun pembelajaran 2024/2025. Sebagai Populasi adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 22 orang. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian Preeksperimental dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan Essay. Dari analisis data dan hipotesis; (1) diperoleh nilai rata-rata siswa yang sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi energi alternatif dan kegunaanya diperoleh nilai ratarata adalah 15,68. (2) Hasil belajar IPAS siswa yang diajar sesudah menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi energi alternatif dan kegunaanya di kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang diperoleh nilai ratarata adalah 77,95. (3) Ada pengaruh yang signifikan sesudah penggunaan model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa dalam materi energi alternatif dan kegunaanya pada mata pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Pembelajaran 2024/2025 yaitu 7,240 > 2,012, sehingga H_(O )ditolak dan H_1 diterima dimana dinyatakan bahwasanya penelitian ini dapat digunakan disekolah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning Learning Model, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.com0110068902
UNSPECIFIEDRUPINA MAGDALENA BR TARIGAN, S.Pd., M.PdTiganrupina@gmail.com111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Lora Eplita br bukit
Date Deposited: 23 May 2025 05:31
Last Modified: 23 May 2025 05:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3881

Actions (login required)

View Item View Item