PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS POLA KALIMAT PADA PESERTA DIDIK DI KELAS II UPT SPF SDN 101849 SUKA MAKMUR T.A. 2024/2025

MAHDALENA, 2105030037 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS POLA KALIMAT PADA PESERTA DIDIK DI KELAS II UPT SPF SDN 101849 SUKA MAKMUR T.A. 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER MAHDALENA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (249kB)
[img] Text
ABSATRAK MAHDALENA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39kB)
[img] Text
BAB I MAHDALENA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)
[img] Text
BAB II MAHDALENA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
BAB III - V MAHDALENA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MAHDALENA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (94kB)
[img] Text
LAMPIRAN MAHDALENA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (725kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap keterampilan menulis pola kalimat SPOK pada siswa kelas II SDN 101849 Suka Makmur. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model CTL serta apakah terdapat pengaruh signifikan dari penerapan model ini terhadap keterampilan menulis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest, melibatkan 57 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di SDN 101849 Suka Makmur, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model CTL, nilai rata-rata pretest siswa di kelas eksperimen adalah 37,6, sedangkan di kelas kontrol 38,7. Setelah penerapan model CTL, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 95,2 di kelas eksperimen dan 92,7 di kelas kontrol. Uji t menunjukkan bahwa t-hitung sebesar 15,576 lebih besar dari t-tabel pada taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CTL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran CTL efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pola kalimat SPOK siswa karena memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna, meningkatkan partisipasi aktif, serta membantu siswa memahami konsep pola kalimat dengan lebih baik. Kata kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), keterampilan menulis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.com0123098602
Pembimbing IIKRISTA SURBAKTI, S.Pd., M.Sikrista.surbakti8484@gmail.com0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mahdalena - -
Date Deposited: 23 May 2025 06:32
Last Modified: 23 May 2025 06:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item