TARIGAN, VINA ESTETIKA BR, 2105030204 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MATA PELAJARAN IPS Di SD NEGERI 060866 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (340kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (259kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (475kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (246kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (644kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode konvensional 2) hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD 3) pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060866 Medan populasi dari penelitin ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas eksperimen 24 orang siswa, dan kelas control 22 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes essai, data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar IPS siswa pada materi masyarakat di daerahku dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisioms (STAD) siswa kelas IV SD NEGERI 060866 Medan T.A 2024/2025 memproleh rata-rata pada pre test 44,09 dan pada post test memproleh nilai ratarata 77.5. (2) Hasil belajar IPS siswa kelas IV SD NEGERI 060866 Medan T.A 2024/2025 pada materi masyarakat di daerahku tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SD memperoleh nilai rata-rata pre test 36,16 dan pada post test memproleh nilai rata-rata 77,08. (3) Tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisioms (STAD) siswa kelas IV SD Negeri 060866 Medan T.A 2024/2025 berdasarkan analisis data diperoleh tes maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisioms (STAD) siswa kelas IV SD NEGERI 060866 Medan maka uji hipotesis menggunakan uji independen Antara dua faktor diperoleh t hitung =0, 4376 dan t tabel = 0,4376. maka hipotesis Ho diterima dan H1 ditolak.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: STAD type Cooperative Learning Model, Learning Outcomes, Social Sciencesne. | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Vina Estetika Br Tarigan | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 06:15 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 06:15 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3885 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |