TAMPUBOLON, PUTRI ANISA, 2105010008 (2025) PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP SWASTA YAPIM BIRU-BIRU T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (215kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (75kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (449kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (196kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (495kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di SMP Swasta Yapim Biru-Biru pada Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one grup prettest posttest. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua pertemuan, dimulai dengan pretest, diikuti dengan pertemuan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran, dan diakhiri dengan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh nilai thitung = 2,845 yang lebih besar dari ttabel = 2,005, yang menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan media video pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Pada nilai posttest, diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,46, sedangkan pada nilai pretest, diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,93. Selain itu, analisis homogenitas varians menunjukkan bahwa kedua kelas memiliki varians yang homogen, yang menguatkan validitas hasil penelitian. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di SMP Swasta Yapim Biru-Biru. Oleh karena itu, disarankan agar guru lebih sering menggunakan media video sebagai alat bantu dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Influence, Video, Concepts, Media, Mathematical understanding | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikaan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | PUTRI ANISA TAMPUBOLON | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 May 2025 02:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 May 2025 02:32 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |