PURBA, BETSYEBA FEBRIANTI BR, 1505030017 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PEMAHAMAN TENTANG PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (526kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (175kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (204kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (210kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (573kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (110kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf. Hal tersebut muncul karena ketidakmampuan siswa menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dilaksanakan di SD Negeri 101832 Pancur Batu pada tanggal 3 Mei 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu yang berjumlah 55 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf menggunakan pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif diperoleh nilai rata-rata 81,42 berkategori baik, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 67,40 berkategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf di kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Deductive, Inductive and Basic Ideas | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2020 02:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Mar 2021 07:55 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/389 |
Actions (login required)
View Item |