PENGARUH PEMBERIAN PEMAHAMAN TENTANG PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2018/2019

PURBA, BETSYEBA FEBRIANTI BR, 1505030017 (2019) PENGARUH PEMBERIAN PEMAHAMAN TENTANG PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN IDE POKOK PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI 101832 PANCUR BATU T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (573kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf. Hal tersebut muncul karena ketidakmampuan siswa menentukan ide pokok dalam suatu paragraf. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dilaksanakan di SD Negeri 101832 Pancur Batu pada tanggal 3 Mei 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu yang berjumlah 55 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes dan analisis data yang digunakan adalah uji independen antara dua faktor. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf menggunakan pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif diperoleh nilai rata-rata 81,42 berkategori baik, menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata 67,40 berkategori sedang dan ada pengaruh yang signifikan pemberian pemahaman paragraf deduktif dan induktif terhadap kemampuan siswa menentukan ide pokok paragraf di kelas V SD Negeri 101832 Pancur Batu Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Deductive, Inductive and Basic Ideas
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:11
Last Modified: 01 Mar 2021 07:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item