PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 060971 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2024/2025

SINULINGGA, SARYANTI EVI CINDY, 2005030050 (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 060971 MEDAN TUNTUNGAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (304kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (377kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran ice breaking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) di kelas IV SD Negeri 060971 Medan Tuntungan pada Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode ice breaking dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan metode tersebut. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pre-test dan posttest yang diberikan sebelum dan setelah penerapan metode ice breaking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ice breaking memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang menggunakan metode ice breaking menunjukkan peningkatan nilai yang lebih tinggi pada post-test dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan metode tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa metode ice breaking dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan konsentrasi siswa, yang pada gilirannya berpengaruh positif terhadap pemahaman dan hasil belajar mereka pada mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Ice breaking, Learning outcomes, IPAS learning
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN 0128088804
Pembimbing IIRIKAWATI GINTING MUNTHE, S.E., M.Sirikawati.ginting@gmail.comNIDN 0114028003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SARYANTI EVI CINDY SINULINGGA
Date Deposited: 26 May 2025 08:29
Last Modified: 26 May 2025 08:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item