PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI LETAK NEGARA-NEGARA ASEAN DI KELAS VI SD N 060934 MEDAN

SILABAN VEBRAWANI, 2005030244 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI LETAK NEGARA-NEGARA ASEAN DI KELAS VI SD N 060934 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
Abstrac Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (163kB)
[img] Text
BAB I -Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (409kB)
[img] Text
BAB II-Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (624kB)
[img] Text
BAB III-V Repository.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Repository (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (454kB)
[img] Text
Lampiran Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi berbantuan audio visual pada mata pelajaran ips pada materi letak negara-negara asean di kelas VI. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control grou, melibatkan 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol di SD N 060934 Medan. Kelas eksperimen di ajar menggunakan metode diskusi berbantuan audio visual terhadap hasil belajar ips pada materi letak negara-negara asean, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis statistic menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan audio visual terhadap hasil belajar ips pada materi letak negara-negara asean. Perolehan nilai t-hitung = 16,65>dari t-tabel =3,70, karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disumpulkan bahwa metode diskusi berbantuan audio visual merupakan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung hasil belajar ips pada siswa kelas VI.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, Lectures and Discussions
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pdtiganrupina@gmail.com111108901
Pembimbing IIDr Dedi Holden Simbolon, M.Pddediholdensimbolon@gmail.com103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: VEBRAWANI - SILABAN
Date Deposited: 28 May 2025 03:04
Last Modified: 28 May 2025 03:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3909

Actions (login required)

View Item View Item