SILABAN VEBRAWANI, 2005030244 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI LETAK NEGARA-NEGARA ASEAN DI KELAS VI SD N 060934 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
Cover Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (797kB) |
![]() |
Text
Abstrac Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB I -Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (409kB) |
![]() |
Text
BAB II-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (624kB) |
![]() |
Text
BAB III-V Repository.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Repository (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (454kB) |
![]() |
Text
Lampiran Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi berbantuan audio visual pada mata pelajaran ips pada materi letak negara-negara asean di kelas VI. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control grou, melibatkan 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol di SD N 060934 Medan. Kelas eksperimen di ajar menggunakan metode diskusi berbantuan audio visual terhadap hasil belajar ips pada materi letak negara-negara asean, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis statistic menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan audio visual terhadap hasil belajar ips pada materi letak negara-negara asean. Perolehan nilai t-hitung = 16,65>dari t-tabel =3,70, karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disumpulkan bahwa metode diskusi berbantuan audio visual merupakan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung hasil belajar ips pada siswa kelas VI.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Lectures and Discussions | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | VEBRAWANI - SILABAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 May 2025 03:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 May 2025 03:04 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |