PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 101819 PANCUR BATU T.A 2024/2025

KEMBAREN, LAUDY MAHARANI BR S., 2105030079 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 101819 PANCUR BATU T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (171kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (69kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (499kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (786kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN 101819 Pancur Batu Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model TGT dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model TGT dan siswa yang diajar dengan model konvensional. Rata-rata nilai posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran TGT memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: TGT, Learning Outcomes, Indonesian
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IMUHAMMAD DALIANI, S.Pd., M.Simddaniboys@gmail.comNIDN 0128088804
Pembimbing IIGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Laudy Maharani Br S. Kembaren
Date Deposited: 26 May 2025 04:00
Last Modified: 26 May 2025 04:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item View Item