PENGARUH MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025.

SURBAKTI, DHEA ISTABELANTA BR, 2105030226 (2025) PENGARUH MEDIA MYSTERY BOX TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL DHEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK DHEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (458kB)
[img] Text
BAB I DHEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)
[img] Text
BAB II DHEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)
[img] Text
BAB III-V DHEA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (677kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DHEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN DHEA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan belajar siswa di kelas IV SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif dalam kegiatan pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media mystery box terhadap hasil belajar siswa kelas IV. penelitian ini menggunakan metode quis-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan 23 siswa di kelas eksperimen dan 23 siswa di kelas kontrol di SD Negeri 068003 Medan Tuntungan. kelas eksperimen diajar menggunakan media mystery box sedangkan kelas kontrol tanpa menggunakan media mystery box. Nilai awal hasil belajar siswa kelas IV A adalah 61,52 dan kelas IV B adalah 65. hasol penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen sebesar 85 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang mencapai 75,65. maka dapat disimpulkan media mystery box merupakan media pembelajaran efektif dan inovatif untuk mendukung penguatan kemampuan siswa dalam hasil belajar. kata kunci: Hasil belajar, Materi Penerapan Nilai-nilai pancasila, Mystery box.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Material for the Application of Pacasila Values, Mystery box
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, S.Pd.,M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Pembimbing IIGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i,M.Pdwidiyartigemala@gmail.com0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dhea istabelanta br surbakti
Date Deposited: 28 May 2025 03:58
Last Modified: 28 May 2025 03:58
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3915

Actions (login required)

View Item View Item