PENGARUH MEMBIASAKAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101800 DELITUA TAHUN AJARAN 2018/2019

LAPIKOLLY, EUGENNE EVELYN, 1505030262 (2019) PENGARUH MEMBIASAKAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN KALIMAT UTAMA PARAGRAF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 101800 DELITUA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (579kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari membiasakan membaca terhadap kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama paragraf. Populasi dari siswa kelas IV sebanyak 51 siswa yang terdiri dari dua kelas. Dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Alat pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu dengan tes berupa pilihan berganda. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan pretest siswa kelas IVA memperoleh nilai rata-rata 40,42 dengan simpangan baku 12,33 dan kelas IVB memperoleh nilai rata-rata 41,11 dengan simpangan baku 14,23. Sedangkan pelaksanaan posttest dengan Membiasakan Siswa Membaca memperoleh nilai rata-rata 79,58 dengan simpangan baku 14,59 dan dengan Pembelajaran Konvensional memperoleh nilai-nilai rata-rata 68,52 dengan simpangan baku 14,33. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan Membiasakan Membaca terhadap kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama paragraf pada siswa kelas IV SD Negeri 101800 Delitua Tahun Ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Familiarizing Reading, Student Ability, Main Sentence
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:38
Last Modified: 27 Jan 2021 03:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/392

Actions (login required)

View Item View Item