PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV SD UPT SPF NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR KECAMATAN NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2024/2025

PURBA, HERLINA BR, 1805030026 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DI KELAS IV SD UPT SPF NEGERI 101804 GEDUNG JOHOR KECAMATAN NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (218kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (381kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (697kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui hasil belajar yang di ajarkan tanpa menggunaan media pembelajaran herbarium pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor Tahun Ajaran 2024/2025 (2) Untuk mengetahui hasil belajar yang diajarkan menggunakan media pembelajaran herbarium pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor Tahun Ajaran 2024/2025 (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran Herbarium terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor Kecamatan Namorambe Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang memperoleh nilai dibawah standar kriteria ketuntasan minimal pada pelaksanaan tes awal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor berjumlah 60 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Tenik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan media pembelajaran herbarium pada materi bagian-bagian tumbuhan berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101804 gedung johor diperoleh nilai 86 yang berkategori mampu. Sedangkan hasil belajar siswa yang di ajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran herbarium pada materi bagian-bagian tumbuhan berdasarkan perhitungan nilai rata-rata siswa kelas IV SD Negeri 101804 gedung johor diperoleh nilai 67.33 yang berkategori kurang mampu. Terdapat pengaruh signifikan dengan menggunakan media herbarium pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SD Negeri 101804 Gedung Johor.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Effect of Herbarium, Plant Parts.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN 0112078003
Pembimbing IIVERA DEWI KARTINI OMPUSUNGGU, S.Pd., M.Pdnasraniduaompusunggu@yahoo.comNIDN 121048704
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HERLINA BR PURBA
Date Deposited: 27 May 2025 04:08
Last Modified: 27 May 2025 04:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item