Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Energi Dan Perubannya Kelas IV SD Negeri 050600 Kuala T.P 2024/2025.

SELI APRIANTI, SELI (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS Materi Energi Dan Perubannya Kelas IV SD Negeri 050600 Kuala T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (368kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran monopoli pada pembelajaran IPAS materi energi dan perubahannya Kelas IV SD Negeri 050600 Kualan T.P 2024/2025. Lokasi penelitian di sekolah SD Negeri 050600 Kuala. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain pretest dan posttest group design. Dan Instrumen yang digunakan dalam peneliti berupa tes essay yaitu melihat hasil belajar siswa. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes kelas IV A = 40,47 dengan simpangan baku yaitu 16,874 dan rata-rata di kelas IV B = 51,30 dengan simpangan baku yaitu 13,587. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas IV A dengan menggunakan media pembelajaran monopoli dan kelas IV B tanpa meggunakan media pembelajaran maka diperoleh hasil rata-rata tes IV A = 86,66 dengan simpangan baku yaitu 6,582 dan rata-rata kelas IV B = 78,69 dengan simpangan baku yaitu 6,7785. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan uji t hasil belajar dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t_hitung ˃ t_(tabel ) = 3,248 ˃ 2,0180. Dari pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran monopoli ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 050600 Kuala T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Monopoly, Natural and Social Sciences
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRita Herlina BR PA, S.Pd.,M.Pdrperanginangin@gmail.com.NIDN. 0129078503
Pembimbing IIHASNI SUCIAWATI, S.Pd.,M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username selli aprianti
Date Deposited: 30 May 2025 07:20
Last Modified: 30 May 2025 07:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3922

Actions (login required)

View Item View Item