MANALU YENRI, 2005030239 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 065015 MEDAN TUNTUNGAN T.A. 2024/2025. Skripsi thesis, Universitas quality.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (694kB) |
![]() |
Text
Abstrac Repository Yenri.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (538kB) |
![]() |
Text
BAB I Repository Yenri.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB II Repository Yenri.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (742kB) |
![]() |
Text
BAB III-V Repository Yenri.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Repository Yenri.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (354kB) |
![]() |
Text
Lampiran Repository Yenri_compressed.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (802kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan pada tahun ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A berjumlah 14 orang dan V-B berjumlah 14 orang dengan total jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental, Metode eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui hasil perbandingan antara kelompok yang diberikan treatment dan yang tidak diberikan treatment. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning, sedangkan varibel terikatnya adalah hasil belajar PKn. Metode analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PKn pada kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 79,28. Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran PKn pada kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan 2024/2025 diperoleh nilai rata-rata 91,43. Penggunaan model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi norma dalam kehidupan di kelas V SD Negeri 065015 Medan Tuntungan T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Learning Outcomes, Civics | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | YENRI - MANALU | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 03:40 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 03:40 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3929 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |