SEMBIRING COLIA, DESNA BR, 2105030134 (2025) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 044825 GUNDALING BERASTAGI TP.2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER DESNA COLIA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (384kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK DESNA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (228kB) |
![]() |
Text
BAB I DESNA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB II DESNA COLIA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB III-V DESNA.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DESNA COLIA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (172kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN DESNA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III di SDN 044825 Gundaling Berastagi tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan desain onegroup pre-test post-test. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas III. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang dilakukan sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) penggunaan media gambar dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test siswa sebelum menggunakan media gambar adalah 34,81, sedangkan setelah menggunakan media gambar, nilai rata rata meningkat menjadi 72,59. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, dan uji homogenitas menunjukkan varians yang homogen. Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media gambar dengan nilai t_hitung = 28,83 > t_tabel = 1,67. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Media gambar membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi energi dan perubahannya. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk memanfaatkan media gambar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Desna Br Sembiring Colia | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 04:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 04:25 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |