FEBY NOLA, 2105030193 (2025) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (406kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (362kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (438kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (241kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (710kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis video animasi pada mata pelajaran IPAS materi sistem percernaan pada manusia di SD Negeri 104219 Tanjung Anom. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS materi sistem pencernaan pada manusia. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A (eksperimen) sebanyak 24 siswa, yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasisi video animasi dan kelas V-B (kontrol) yang berjumlah 22 siswa tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes esai sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media video animasi adalah 59 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan media video animasi 60. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t,hasil pengujian hipotesis di peroleh nilai t-hitung =2.5738 > t-tabel= 1.68023 karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima.Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis video animasi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata Pelajaran IPAS materi Sistem pencernaan pada manusia di kelas V SD Negeri 104219 Tanjung Anom T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning outcomes, Social Sciences, learning videos | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | FEBY - NOLA | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 08:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 08:54 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |