PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 067244 T.P 2024/2024

BARUS,SILVA BR, 2105030190 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPS SDN 067244 T.P 2024/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK SILVA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
BAB III - V SILVA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (423kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SILVA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN SILVA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa menggunakan media gambar materi keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia pada mata Pelajaran IPS. Dilaksanakan di kelas V UPT SD Negeri 067244 Medan. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS materi keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian Pre Test dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A (eksperimen) sebanyak 24 siswa, yang menggunakan media gambar dan kelas V-B (kontrol) yang berjumlah 23 siswa menggunakan media pembelajaran gambar. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes essy sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan media gambar 68 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan media gambar 61,69. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan media gambar pada mata Pelajaran IPS materi keanekaragaman suku dan budaya di Indonesia lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa menggunakan media gambar di kelas V UPT SD Negeri 067244 Medan T.A 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning outcomes, social studies, image media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtera sebayang, S.pd.,M.Pdsejahtera021@gmail.comNIDN.170966002
Pembimbing IIRupina Magdalena, S.pd.,M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Silva valensia br Barus
Date Deposited: 31 May 2025 04:39
Last Modified: 31 May 2025 04:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item