PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM T.P 2024/2025

BARUS KEZIA BR, 2105030038 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 104219 TANJUNG ANOM T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (280kB)
[img] Text
ABSTRAK kezia .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (246kB)
[img] Text
BAB I KEZIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
BAB II KEZIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (270kB)
[img] Text
BAB III - V KEZIA.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (404kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KEZIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (62kB)
[img] Text
LAMPIRAN KEZIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (776kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri brbasis eksperimen materi cahaya dan bunyi pada mata pelajaran IPAS. Dilaksanakan di kelas V SD Negeri 104219 Tanjung Anom. Adapun masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi cahaya dan bunyi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian PreTest dan Post Test yang menggunakan dua kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas V A (eksperimen) sebanyak 24 siswa, yang menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen dan kelas V B (Kontrol) yang berjumlah 22 siswa tanpa menggunakan model pembelajaran. Insterumen penelitian yang digunakan adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan nilai rata-rata diperoleh nilai akhir siswa pada kelas eksperiman dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen ialah 85 dan nilai rata-rata akhir siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran ialah 75,4. Hasil hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t, hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t-hitung=5,53 ˃ t-tabel 1,61 Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuri berbasisi eksperimen pada mata pelajaran IPAS materi cahaya dan bunyi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran di kelas V SD Negeri 104219 Tanjung Anom T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Learning Outcomes, Science, Inquiry Model
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRupina Magdalena, S.pd.,M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 111108901
Pembimbing IIRita Herlina Br Pa, S.pd.,M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN.0129078503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: KEZIA ADEVITA BR BARUS
Date Deposited: 30 May 2025 04:41
Last Modified: 30 May 2025 04:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3939

Actions (login required)

View Item View Item