PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2018/2019

NAINGGOLAN, BENRI, 1505030274 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TRANSPORTASI DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (975kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (948kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pembelajaran, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPS pada materi Perkembangan Teknologi Transportasi di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, peneliti ini dilaksanakan di SD Negeri 101800 Deli Tua populasi dari peneliti ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas Ekperimen 27 orang siswa, dan di kelas kontrol 24 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas data, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan Uji Independen Antara Dua Faktor (BxK). Berdasarkan analisis data diperoleh. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan Media Gambar di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua, diperoleh nilai rata-rata 84,81. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model Konvesional di kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua, diperoleh nilai rata-rata 67,91. Pengujian Hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf 0,05 diperoleh = 11,75 > = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan Media Gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi Perkembangan Teknologi Transportasi di Kelas IV SD Negeri 101800 Deli Tua Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Use of Media Images
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Yason Mendrofa, M.Pd-NIDN. 0102075901
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIIDN. 01200558705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 02:49
Last Modified: 10 Feb 2021 02:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item