PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS lV SDN 040491 BATUKARANG T.P 2024/2025

BANGUN, OKI MELGYBSON, 2105030276 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS lV SDN 040491 BATUKARANG T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (279kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (429kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1.Untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 040491 Batukarang 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Nubered head Together pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 040491 Batukarang 3. Adanya pengaruh signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 040491 Batukarang Jenis penelitian ini adalah quasi ekperimen, penelitian ini dilaksanakan di SDN 040491 Batukarang populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vl sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas ekperimen 25 orang siswa, dan di kelas kontrol 25 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes esay, data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. 1)Hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran IPAS SD Negeri 040491 Batukarang diperoleh nilai rata-rata 90,08 2)Hasil belajar siswa tanpa model kooperatif tipe NHT di kelas Vl SD Negeri 040491 Batukarang diperoleh nilai rata-rata 81,28. 3)Ada pengaruh signifikan penggunaan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa di kelas Vl SD Negeri 040491 Batukarang yang di buktikan dengan menggunkan uji t th 3,21 > tt 1,67. maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengarung signifikan penggunaan model kooperatif tipe (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipas kelas lV SDN 040491 Batukatang T.p 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Cooperative NHT Model, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ISITI RAKIYAH, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN 110058507
Pembimbing IIRIKAWATI GINTING MUNTHE, S.E., M.Sirikawati.ginting@gmail.comNIDN 0114028003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: OKI MELGYBSON BANGUN
Date Deposited: 31 May 2025 16:20
Last Modified: 31 May 2025 16:20
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3943

Actions (login required)

View Item View Item