SITEPU, MARIO NUGRAHA, 2105030257 (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN OPEN THE BOX BERBASIS GAME WORD WALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SD 060937 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (612kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (404kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (570kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (524kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (252kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (966kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan media Open the box pada materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD Negeri 060937 Medan Tahun Ajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan media Open the box terhadap hasil belajar siswa pada materi Perubahan Wujud Benda di Kelas IV SD Negeri 060937 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanaka di SD Negeri 060937 Medan Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan, berjumlah 24 orang siswa yaitu 12 laki-laki dan 12 perempuan. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design. jenis design penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda diperoleh nilai rata-rata pretest 26,87 belum memenuhi nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil belajar siswa dengan menggunakan media Open the box diperoleh nilai ratarata posttest 86 dan memenuhi nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji-t dapat diketahui bahwa nilai T hitung sebesar 4, 84 dengan frekuensi (dk) sebesar 24-1 = 23 , pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh tabel 1,703. Oleh karena t hitung > t tabel pada taraf signifikan 0,05 maka hipotesis H1 diterima yang berarti bahwa Ada pengaruh penerapan Media Pembelajaran Open the Box berbasis Game Word Wall terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN SD Negeri 060937 Pada Materi Perubahan Wujud Benda T.P 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning Media, Open the Box, Word Wall, IPAS | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mario Nugraha Sitepu | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jun 2025 14:05 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Jun 2025 14:05 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |