PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 105385 KOTASAN KECAMATAN GALANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Situmorang, Glory Evi, 2005030289 (2025) PENGARUH METODE JOYFULL LEARNING BERBASIS ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 105385 KOTASAN KECAMATAN GALANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
FIX KATA PENGANTARKU rev cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (469kB)
[img] Text
FIX ABSTRAK SKRIPSI rev.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (326kB)
[img] Text
FIX BAB 1 rev bab 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
FIX BAB 2 rev bab 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (605kB)
[img] Text
FIX BAB 3 KU (1) rev bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (675kB)
[img] Text
Dafpuskuu rev.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN rev.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah umtuk mrngetahui pengaruh hasil belajar siswa mata pelajaran IPA dengan menggunakan Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking dan pembelajaran Metode Joyful Learning Tanpa Berbasis Ice Breakig pada materi bagian Tata Surya di kelas VI SD Negeri 105385 Kotasan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas VI-A 90 yakni kelas ekperimen Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking dan kelas VI-B 85 yakni kelas kontrol. Tabel nilai frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan ke dalam diagram batang untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dilaksanakan pembelajarabn dengan Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking di kelas eksperimen dan pembelajaran dengan Metode Joyful Learning Tanpa Berbasis Ice Breakig. Pengujian hipotesis menggunakan ujni indenpendent antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk (2-1) (3-1) = 2 di dapat ternyata X^2= 23,73 > x^2 (0,95) (2) = 5,99 Maka H0 ditolak H1 diterima. Dari Hasil pegujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifika pennggunaa Metode Joyful Learning Berbasis Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar IPA pada materi Tata Surya siswa kelas VI SD Negeri 105385 Kotasan kec.Galang Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRITA HERLINA BR PA, M.Pdrperanginangin@gmail.comNIDN : 0129078503
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN : 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EVI GLORY SITUMORANG
Date Deposited: 03 Jun 2025 15:02
Last Modified: 03 Jun 2025 15:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item