PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAR IPA SISWA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD SWASTA MULIA MEDAN T.P 2024/2025

RITONGA, SITI ROHANI, 2105030245 (2025) PENGARUH MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAR IPA SISWA MATERI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA KELAS V SD SWASTA MULIA MEDAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER...pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (434kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (273kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (882kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan media mind mapping pada materi organ pencernaan manusia kelas V SD Swasta Mulia Medan Tahun Pelajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi organ pencernaan manusia di kelas V SD Swasta Mulia Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. 26 November 2024. Di SD Swasta Mulia Medan Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitiam ini adalah seluruh siswa kelas V-A dan V-B sebanyak 40 siswa, yang seluruhnya menjadi sampel pada peneliti ini. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, diproleh nilai rata-rata akhir siswa pada kelas eksperimen yang di ajar dengan menggunakan media mind mapping ialah 86,5 dan kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media mind mapping ialah 79,5. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini yang dihitung dengan uji t diproleh data bahwa hasil belajar IPA siswa pada materi organ pencernaan manusia yang diajarkan dengan menggunakan media mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajarkan tanpa menggunakan media mind mapping.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Human Digestive Organs, Influence of Mind Mapping Media, Science
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN 103118701
Pembimbing IIHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN 0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SITI ROHANI RITONGA
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:00
Last Modified: 04 Jun 2025 07:00
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3961

Actions (login required)

View Item View Item