PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SD N 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025

SIHOTANG, YULIA BR, 2105030224 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS VI SD N 068003 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (938kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (372kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (774kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (686kB)
[img] Text
DAPUS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya tanpa menggunakan media Flashcard siswa kelas VI di SD Negeri 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025, 2) Hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya dengan menggunakan media Flashcard siswa kelas VI di SD 068003 Medan Tuntungan TP 2024/2025, 3) Adanya pengaruh yang signifikan pada penggunaan media Flashcard terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SD N 068003 Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, kuasi eksperimen (Quasi Experiment Research) dengan desain Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan rubrik penelitian. Populasi dari penelitan ini yaitu seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 siswa kelas VI-A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas VI-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil hitungan nilai rata-rata tes awal siswa diperoleh 51,75 di kelas eksperimen dan rata-rata siswa diperoleh 54 di kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh 92,5 di kelas eksperimen dan rata-rata siswa diperoleh 80,5 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05 sehingga diperoleh data kelas kontrol dan kelas eksperimen thitung = 4,366 > ttabel = 2,024. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan media Flashcard berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas VI SD Negeri Medan Tuntungan T.P 2024/2025. Kata Kunci: Media Flashcard, IPAS, minat belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Flashcard Media, IPAS, Learning Interest, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos.I.,M.Pdwidiyartigemala@gmail.com0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YULIA BR SIHOTANG
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:49
Last Modified: 05 Jun 2025 08:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3964

Actions (login required)

View Item View Item