ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS V SDN 040443 KABANJAHE T.A 2018/2019

SEMBIRING, ALAN DANI, 1505030389 (2019) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS V SDN 040443 KABANJAHE T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (536kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (671kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matematika dalam pokok bahasan lingkaran, metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, metode ini melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti, kemudian data yang sudah tekumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam kata-kata, adapun pengolahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah pengklasifikasian, pengodean, penabulasian, pengoreksian, pengkalkulasian, penginterpretasi, dan penyimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi lingkaran, Kesulitan siswa didalam menyelesaikan soal luas dan keliling lingkaran pada soal 3 dan 4, meliputi siswa tidak dapat menentukan rumus =22/7 atau 3,14 sebanyak 33 orang atau (64,70%) dan siswa belum paham didalam perkalian bilangan desimal sebanyak 40 orang atau (78,43%), (2) faktor yang menyebabkan siswa memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal luas dan keliling lingkaran yakni siswa belum bisa menggunakan rumus, belum dapat menentukan rumus =22/7 atau 3,14 dan siswa juga masih kurang paham didalam perkalian desimal.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Factors, Mathematics Learning, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:06
Last Modified: 09 Mar 2020 03:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/398

Actions (login required)

View Item View Item