DERRI MEISAH KETAREN, 1905030104 (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS IV SD NEGERI 060938 KWALA BEKALA KEC. MEDAN JOHOR T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (518kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (385kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA dan IVB dengan jumlah peserta didik 44 orang di SDN 060938 Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sehingga terpilihnya kelas IVA dengan jumlah 22 orang peserta didik sebagai kelas ekperimen dan kelas IVB dengan jumlah 22 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar. Data yang diperoleh melalui instrument lembar tes hasil belajar dideskripsikan dan dianalisis menggunakan statistik deskrptif dan statistik inferensial. Implikasi penelitan berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajran berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA. Oleh karena itu disarankan kepada pihak sekolah khusus nya guru sekolah dasar untuk menggunakan pembelajaran berbasis lingkungan guna mencapai pembelajaran yang efektif sehingga peserta didik tampak lebih senang saat belajar dan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Environmental-based learning, Learning outcomes, and Environmental change | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | DERRI MEISAH KETAREN | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 05:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 05:14 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |