KUDADIRI, MEDALIA, 1505030350 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENGGUNAKAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD SWASTA YAPERI MEDAN T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (210kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (361kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (374kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (474kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (312kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis kemampuan siswa menggunakan ejaan yang disempurnakan pada pelajaran bahasa Indonesia yang dibacakan oleh peneliti dan ditulis kembali oleh siswa. yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dari hasil dideskripsikan dalam kata-kata.adapun pengolahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah pengklasifikasian, penilaian, pembetulan/pengoreksian, penginterprestasi dan penyimpulan. Penulis melakukan penelitian di SD Swasta Yaperi Medan dan didapatkan data bahwa kemampuan Siswa Menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan menjelaskan bahwa dari 30 siswa. Terdapat 2 orang siswa yang mendapat kriteria sangat baik, 11 orang siswa mendapat kriteria baik, 4 orang siswa mendapat kriteria cukup, 5 orang siswa mendapat kriteria kurang, dan 8 orang siswa mendapat kriteria sangat kurang. Bedasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kemampuan siswa menggunakan ejaan yang disempurnakan dikelas III SD Swasta Yaperi Medan masuk dalam kriteria penguasaan baik.Penulis menyarankan baik kepada guru kelas maupun guru bahasa Indonesia diSD untuk membiasakan kegiatan menulis dengan disertai bimbingan yang intensif dan terarah. Dengan mencermati isi tanda tulisan siswa,disarankan pula kepada guru mata pelajaran lain sebaiknya kegiatan menulis ini dapat di padukan dalam mata pelajaran karena selain melatih keterampilan menulis, juga dapat mengkomunikasikan serta hsil belajar dan perkembangan siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analysis of Students Ability to Use Enhananced Spelling | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2020 03:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2021 05:27 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/399 |
Actions (login required)
View Item |