PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBREAD HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV ADVENT 4 PADANG BULAN T.P 2024/2025

SIANTURI, DESFI WOMENTRI, 2005030297 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBREAD HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV ADVENT 4 PADANG BULAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (425kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan pengaruh model pembelajaran NHT deangan menggunakan angket terhadap hasil belajar IPAS siswa di Kelas IV SDS Advent 4 Padang Bulan T.P 2024/2024. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SDS Advent 4 Padang Bulan Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDS Advent 4 Padang Bulan yang berjumlah berjumlah 9 orang siswa. Hasil nilai rata-rata pretest siswa kelas IV yaitu 47,50 dan nilai rata-rata siswa kelas IV yaitu 53,33. Sebelum menggunakan model pebelajaran NHT. Setelah menggunakan model pemebelajaran NHT , maka diperoleh nilai rata-rata kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran NHT yaitu 88,15. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar sebelum menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil data posttest, uji pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh. Dengan membandingkan ttabel dengan ttabel yaitu 2,30 > 2,04 dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan ini dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi rantai makanan di SDS Advent 4 Padang Bulan T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NHT Learning Model, Student Learning Outcomes, Science Subject
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. PANDAPOTAN TAMBUNAN, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN 10026601
Pembimbing IIKRISTA SURBAKTI, S.Pd., M.Sikrista.surbakti8484@gmail.comNIDN 0110078402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: DESFI WOMENTRI SIANTURI
Date Deposited: 25 Jun 2025 13:16
Last Modified: 25 Jun 2025 13:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3996

Actions (login required)

View Item View Item