PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SINAGA, NOVERICA, 1505030401 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD PARULIAN 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (569kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (481kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (436kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman siswa, dan pengaruh penggunaan Media Komik terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Parulian 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di SD Parulian 3 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Parulian 3 Medan yang berjumlah 54 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan 26 siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpul data pada penelitian ini adalah Tes essay. Berdasarkan dari hasil analisis data sehingga diperoleh hasil nilai rata-rata siswa kelas V-A yaitu 50,03 dan nilai rata-rata kelas V-B yaitu 47,30. Setelah kedua kelas dilaksanakan pembelajaran maka diperoleh nilai rata-rata kelas V-A dengan penggunaan Media Komik yaitu 103,83 dan nilai rata-rata kelas V-B yaitu 98,06. Dari hasil nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan media komik lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol.Pengujian Normalitas menggunakan rumus uji liliefors sehingga diperoleh hasil data test kelas V-A, yaitu 0,1621 dan kelas V-B 0,1309 dengan kesimpulan data diterima karena kriteria normalitas adalah jika L0 < Ltabel = 0,1706. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor sehingga diperoleh hasil data posttes kelas V-A dan V-B, yaitu x_hitung^2=17,37 dan x_tabel^2= 14,1 karena x_hitung^2>x_tabel^2maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh penggunaan media komik terhadap keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SD Parulian 3 Medan T.A 2018/2019. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa dengan penggunaan Media Komik lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan membaca pemahaman siswa tanpa menggunkan media Komik

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Understanding Reading Skills, Media Comics
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:15
Last Modified: 09 Mar 2020 03:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item