PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 065013 T.P 2023/2024

MANALU, MUSTIANA OKTA BERLIANA, - (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 065013 T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER (34) (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (158kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN (6).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (180kB)
[img] Text
BAB II TINJAUANPUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
BAB 3,4,5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (915kB)
[img] Text
DAFTARPUSTAKA (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (97kB)
[img] Text
L A M P I R A N.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar IPA siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Role Playing di kelas V SD Negeri 065013 Medan, 2) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing, dan 3) Pengaruh signifikan model Role Playing terhadap hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, melibatkan dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelas kontrol dan VB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen sebesar 83,33 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 72,14. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai thitung 6,214 > ttabel 2,021, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 065013 Medan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities
000 Generalities > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr Dedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comUNSPECIFIED
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd., M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Manalu Mustiana Okta Berliani 2005030245
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:57
Last Modified: 23 Jul 2025 08:57
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/4000

Actions (login required)

View Item View Item