BARUS, JULIANA PARAMITA, 1505030286 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101800 DELI TUA T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (51kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (43kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (56kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (530kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (27kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran,untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 101800 Delitua Tahun Ajaran 2018/2019”. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen . Penelitian ini dilaksanakan di SD 101800 Delitua populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 2 kelas. Dengan jumlah siswa di kelas Eksperimen 25 siswa dan di kelas kontrol 23 siswa. Alat pengumpul data berupa tes analisis data yang digunakan adalah uji normalitaas data, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan Uji Independen Dua Faktor (BxK). Berdasarkan analisis data diperoleh : Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Karangan dengan menggunakan Model Pembelajaran Experiental Learning di kelas V SD Negeri 101800 Delitua, diperoleh nilai rata-rata 85,28 berkriteria baik. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Model Konvensional⁼ di kelas V SD Negeri 101800 Delitua, diperoleh5,99nilai rata-rata 75,83 berkriteria baik. Pengujian Hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf dengan taraf ɑ 0,05 diperoleh =9,76 >= . Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan Model Pembelajaran Experiental Learning terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 101800 Delitua Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Writing Skills, Experiential Learning Learning Models | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2020 07:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2020 02:56 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/401 |
Actions (login required)
View Item |