PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040557 JUHAR T.P 2018/2019

GINTING, WIDYA CLARA BR, 1505030430 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 040557 JUHAR T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam. Populasi siswa kelas IV 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 22 orang dan kelas kontrol 22 orang jenis penelitian ini adalah test uraian sebanyak 4 soal. Berdasarkan dari hasil penggunaan alat peraga sederhana data diperoleh (1) Hasil pembelajaran IPA dengan menggunakan alat peraga sederhana pada siswa kelas IV-A SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 76,14. (2) Hasil pembelajaran IPA dengan tidak menggunakan alat peraga sederhana pada siswa kelas IV-B SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019 diperoleh nilai rata-rata 58,32. (3) Ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 040557 Juhar T.P 2017/2018. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen( ,antara)() dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh = 8,56 > = 5,99. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan dalam menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 040557 Juhar T.P 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Simple Teaching Aids, Science Subjects
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Si-NIP. 1967670225199801
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 08:07
Last Modified: 14 Dec 2020 09:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item