ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 030439 LAU MECIHO KAB.DAIRI T.A 2018/2019

TARIGAN, IRWANSAH PUTRA, 1505030157 (2019) ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM BELAJAR MANDIRI SISWA KELAS V SD NEGERI 030439 LAU MECIHO KAB.DAIRI T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (652kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (36kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat belajar mandiri siswa kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui gambaran belajar mandiri siswa kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengetahui peran guru kelas dalam untuk belajar mandiri siswa di kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yaitu angket Belajar Mandiri siswa dan angket peran guru dalam meningkatkan belajar mandiri siswa. Hasil dari peneltian ini adalah (1) Tingkat belajar mandiri siswa kelas V SD Negeri 030439 Lau Meciho Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berada pada kategori tinggi sebanyak 1 orang siswa (5,00% ) dan 19 orang siswa (95,00%) berada pada kategori cukup. (2) Ditinjau dari indikator Belajar Mandiri siswa yaitu indikator percaya diri, Belajar Mandiri siswa cenderung cukup, Indikator disiplin cenderung tinggi, indikator inisiatif cenderung cukup dan indikator tanggung jawab cenderung cukup. (3) Sebanyak 17 orang siswa (85,00%) menilai peran guru dalam meningkatkan Belajar Mandiri berada pada kategori tinggi dan 3 orang siswa (15,00%) siswa menilai dengan kategori cukup.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Role of Class Teacher, Student Self-Learing
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IISiti Rakiyah, S.Pd., M.Hum-NIDN. 011058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 08:28
Last Modified: 20 Mar 2021 02:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/408

Actions (login required)

View Item View Item