MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 0404457 BERASTAGI T.P 2018/2019

PASARIBU, VIVI SONYA J. Y. C. BR, 1505030338 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 0404457 BERASTAGI T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi T.P 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi yang berjumlah 36 orang. Adapun objek penelitian ini adalah penggunakan Model Picture and Picture pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan Kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi T.P 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru 58,9% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas siswa 64 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 22 siswa yang tuntas dan siswa yang tidak tuntas 14 siswa dari jumlah keseluruhan 36 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 61,11% dan nilai rata-rata sebesar 76,38. Berdasarkan hasil penelitian siklus II diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas guru 67,1% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran pada aktifitas siswa 72 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 31 siswa yang tuntas dan siswa yang tidak tuntas 5 siswa dari jumlah keseluruhan 36 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 86,11% dan nilai rata-rata sebesar 69,72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran setelah menggunakan Model Picture and Picture pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Daur Hidup Hewan di kelas IV SD Negeri 040457 Berastagi T.P 2018/2019 sudah berkategori baik dan hasil belajar meningkat sebesar 40,90%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Natural Sciences, Picture and Picture Models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993202001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:42
Last Modified: 23 Feb 2021 04:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item