PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019

DAULAY, SYAHRINA JUNIARTI, 1505030159 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (572kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam materi penjumlahan dan pengurangan pecahan pada mata pelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan SD Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 05 April 2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa V SD Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 24 Siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 24 siswa. Alat pengumpulan data yaitu dengan menyebar angket kepada siswa V sedangkan nilai hasil belajar siswa di ambil melalui tes yang dilakukan di kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi. Dari analisis data diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Dharma Wanita memperoleh rata-rata 70,3 dan hasil Belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan memperoleh rata-rata 71,0. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sisgnifikan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Critical Thinking Ability, Student Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIUlfah Sari Rezeki, S.Pd., M.Pd-IDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:20
Last Modified: 24 Nov 2020 04:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item View Item