SITEPU, OCTHARIA, 1505030228 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD YAYASAN DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (563kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (28kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (38kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (59kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (169kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (27kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi energi panas pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 48 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 48 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode demonstrasi alat pengumpul data yaitu test dalam berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui pembelajaran dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas berkriteria baik dan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas memperoleh rata-rata 84,00 dan hasil belajar siswa yang menggunakan Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPA energi panas memperoleh rata-rata 76,95. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Use of Demonstration Methods Against Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2020 03:31 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Mar 2021 08:40 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/413 |
Actions (login required)
View Item |