PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD YAYASAN DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019

SITEPU, OCTHARIA, 1505030228 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD YAYASAN DHARMA WANITA PERTIWI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (28kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam materi energi panas pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi yang berjumlah 48 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 48 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi eskperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan metode demonstrasi alat pengumpul data yaitu test dalam berupa Essay yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan melalui pembelajaran dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas berkriteria baik dan hasil belajar siswa yang menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi energi panas memperoleh rata-rata 84,00 dan hasil belajar siswa yang menggunakan Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPA energi panas memperoleh rata-rata 76,95. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Yayasan Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Use of Demonstration Methods Against Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDedi Holden Simbolon, S.Si., M.Pd-NIDN. 0103118701
Pembimbing IIRinci Simbolon, M.Pd-NIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:31
Last Modified: 23 Mar 2021 08:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item