SEMBIRING, SETIANA BR, 1405030174 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA AL-WASLIYAH 25 MARELAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (671kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (159kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (356kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (212kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (735kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (39kB) |
Abstract
Tujua dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Swasta Al-Washliyah 25 Marelan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan post tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Al-Washliyah 25 Marelan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Swasta Al-Washliyah 25 Marelan yang berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal. Hasil nilai rata-rata pre test siswa kelas V-A adalah 61.60 dan nilai rata-rata kelas V-B 57.93. Setelah dua kelas melaksanakan pembelajaran yang berbeda, nilai rata-rata yang diperoleh kelas V-A dengan menggunkan model Numbered Head Together adalah 82.26 nilai rata-rata kelas V-B menggunakan pembelajaran Konvensional adalah 74.60. Nilai rata-rata siswa menggunakan dengan menggunakan model Numbered Head Together lebih tinggi dibanding nilai rata-rata siswa menggunakan pembelajaran Konvensional. Hasil data post test pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A dan kelas V-B diperoleh kelas V-A dan kelas V-B yaitu =6.74 dan = 5.99 karena > maka disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students Learning Outcomes, Model of Numbered Head Together |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] |
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 03:44 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 03:44 |
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/415 |
Actions (login required)
View Item |