PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA AL-WASLIYAH 25 MARELAN TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, SETIANA BR, 1405030174 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA AL-WASLIYAH 25 MARELAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (671kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (212kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39kB)

Abstract

Tujua dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Swasta Al-Washliyah 25 Marelan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis metode penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pre test dan post tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Al-Washliyah 25 Marelan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Swasta Al-Washliyah 25 Marelan yang berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 4 soal. Hasil nilai rata-rata pre test siswa kelas V-A adalah 61.60 dan nilai rata-rata kelas V-B 57.93. Setelah dua kelas melaksanakan pembelajaran yang berbeda, nilai rata-rata yang diperoleh kelas V-A dengan menggunkan model Numbered Head Together adalah 82.26 nilai rata-rata kelas V-B menggunakan pembelajaran Konvensional adalah 74.60. Nilai rata-rata siswa menggunakan dengan menggunakan model Numbered Head Together lebih tinggi dibanding nilai rata-rata siswa menggunakan pembelajaran Konvensional. Hasil data post test pengujian hipotesis menggunakan rumus uji independen antara dua faktor untuk kelas V-A dan kelas V-B diperoleh kelas V-A dan kelas V-B yaitu =6.74 dan = 5.99 karena > maka disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Learning Outcomes, Model of Numbered Head Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:44
Last Modified: 10 Mar 2020 03:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item