ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENYIMAK KELAS V DI SDN 040454 PECEREN KECAMATAN BERASTAGI T.A 2018/2019

PELAWI, TRIPOSA BR, 1505030380 (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENYIMAK KELAS V DI SDN 040454 PECEREN KECAMATAN BERASTAGI T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (56kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (27kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menyimak, kesulitan-kesulitan belajar menyimak dan faktor penyebab kesulitan siswa dalam menyimak cerita. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya kesulitan siswa dalam menyimak cerita. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 040454 Peceren Kecamatan Berastagi, dengan subjek penelitian siswa kelas V berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata seluruh siswa dalam kemampuan menyimak cerita adalah 42,03 dari 30 siswa. Jika dilihat dari hasil tes konsentrasi siswa, jumlah kata yang telah dihitung, dan kesesuaian isi dengan yang disimak pembelajaran menyimak di kelas V SD Negeri 040454 Peceren Kecamatan Berastagi dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas V termasuk dalam kriteria kurang baik. Kemampuan menyimak pada kriteria kurang baik ini ditunjukkan dari hasil tes yang telah dilaksanakan peneliti. Dari hasil tes wawancara, dapat disimpulkan bahwa siswa tidak menyimak cerita Si Singa dan Si Tikus karena lupa cerita yang telah disimak. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan antara peneliti dengan 5 orang siswa, 4 orang siswa menyatakan kesulitan yang mereka alami adalah lupa cerita yang telah mereka simak dari rekaman cerita. Peneliti menarik kesimpulan kesulitan menyimak yang dialami siswa kelas V di SDN Peceren Kecamatan Berastagi T.A 2018/2019 adalah sulit menangkap isi cerita yang disimak. Faktor yang menyebabkan kesulitan menyimak siswa kelas V di SDN Peceren Kecamatan Berastagi T.A 2018/2019 faktor internal yaitu siswa yang tidak konsentrasi sedangkan faktor eksternal yaitu siswa yang ribut, dan siswa yang diganggu temannya ketika menyimak cerita.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Listening Ability, Listening Learning Difficulties, Causes Factors
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 418 Applied Linguistics
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP. 196602101992031001
Pembimbing IIHasni Suciawati, M.Pd-NIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:07
Last Modified: 23 Feb 2021 04:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item