PURBA, MARTHA MIDAWATI BR, 1605030219 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 060937 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN 060937 Medan Johor.Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060937 Medan Johor dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian.Kemudian teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara.Teknik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh; (1) kemampuan menghitung pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda siswa kelas V SDN 060937 Medan Johor diperoleh rata-rata 38,73 itu termasuk pada kriteria rendah, (2) kesulitan yang dilakukan siswa, yaitu kesulitan dalam keterampilan menjawab soal matematika materi pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda, dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika materi pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda adalah faktor anak didik, faktor sekolah, faktor keluarga, dan faktor lingkungan dengan kriteria sedang.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Difficulty Learning Mathematics | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2020 07:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2020 07:36 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/419 |
Actions (login required)
View Item |