ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 060937 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020

PURBA, MARTHA MIDAWATI BR, 1605030219 (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 060937 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar, kesulitan belajar, dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada materi pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN 060937 Medan Johor.Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060937 Medan Johor dan sekaligus sebagai sampel dalam penelitian.Kemudian teknik pengumpul data yang digunakan adalah tes, angket, dan wawancara.Teknik analisis data adalah persentase dan rata-rata. Berdasarkan analisis data diperoleh; (1) kemampuan menghitung pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda siswa kelas V SDN 060937 Medan Johor diperoleh rata-rata 38,73 itu termasuk pada kriteria rendah, (2) kesulitan yang dilakukan siswa, yaitu kesulitan dalam keterampilan menjawab soal matematika materi pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda, dan (3) faktor penyebab kesulitan siswa belajar matematika materi pecahan campuran operasi penjumlahan dan pengurangan penyebut berbeda adalah faktor anak didik, faktor sekolah, faktor keluarga, dan faktor lingkungan dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulty Learning Mathematics
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heriyanto, M.Pd-NIP.196412101992031002
Pembimbing IIRinci Simbolon, M.Pd-NIDN.0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:12
Last Modified: 16 Nov 2020 07:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/419

Actions (login required)

View Item View Item