PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 SEHAT ITU PENTING SUB TEMA 2 GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH DI KELAS V SDN 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SEMBIRING, ALIVCA RANI BR, 1605030165 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 4 SEHAT ITU PENTING SUB TEMA 2 GANGGUAN KESEHATAN PADA ORGAN PEREDARAN DARAH DI KELAS V SDN 045965 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (768kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pelajaran IPA Sub Tema Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di Kelas V SDN 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 045965 Peceren yang berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 60,2% berkriteria cukup, aspek aktivitas siswa mendapat nilai 62 berkriteria cukup, nilai rata-rata 68,6, ketuntasan belajar secara klasikal 64%. Hasil penelitian siklus II pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru 71,6% berkriteria baik, observasi aktivitas siswa mendapat nilai 84 berkriteria baik, ketuntasan klasikal 86%, nilai rata-rata 80,7 dan peningkatan hasil belajar 17,6%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran kriteria baik dan hasil belajar tuntas dan meningkat dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tema 4 Sehat Itu Penting Sub Tema 2 Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah di Kelas V SDN 045965 Peceren Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Cooperative Learning Model Type
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP.196602101992031001
Thesis advisorBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN.0108046804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:19
Last Modified: 16 Nov 2020 08:05
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item