GINTING, ELIA MELDA BR, 1605030118 (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN SEHAT DI KELAS IV SD NEGERI 040541 SUKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (295kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (233kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (633kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (743kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (224kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (14MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040541 Suka dengan menggunakan model Example Non Example. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040541 Suka yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 12 orang. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model Example Non Exampel pada pokok bahasan lingkungan sehat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 5 soal. Dari hasil penelitian siklus I hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan 58,2 % berkategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 68,8 berkategori cukup, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar yaitu 13 siswa dari 20 siswa dan yang tidak tuntas 7 siswa, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 65% dan nilai rata-rata siswa 74 dikatakan belum tuntas. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diproleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan hasil penelitian 65% berkategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 80% berkategori baik, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar yaitu 18 siswa dari 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 2 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% dan nilai rata-rata siswa 83. Pembelajaran dengan menggunakan model Example Non Example pada mata pelajaran IPA pokok bahasan lingkungan sehat di kelas IV SD Negeri 040541 Suka Tahun Pelajaran 2019/2020, adalah pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik, tuntas secara klasikal, dan hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Result Of Example Non Example Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2020 07:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Nov 2020 06:42 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/421 |
Actions (login required)
View Item |