PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN SEHAT DI KELAS IV SD NEGERI 040541 SUKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

GINTING, ELIA MELDA BR, 1605030118 (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE PADA POKOK BAHASAN LINGKUNGAN SEHAT DI KELAS IV SD NEGERI 040541 SUKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (295kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (633kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (743kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040541 Suka dengan menggunakan model Example Non Example. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040541 Suka yang terdiri dari 20 orang siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 12 orang. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model Example Non Exampel pada pokok bahasan lingkungan sehat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 5 soal. Dari hasil penelitian siklus I hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan 58,2 % berkategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 68,8 berkategori cukup, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar yaitu 13 siswa dari 20 siswa dan yang tidak tuntas 7 siswa, sedangkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 65% dan nilai rata-rata siswa 74 dikatakan belum tuntas. Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diproleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan hasil penelitian 65% berkategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 80% berkategori baik, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajar yaitu 18 siswa dari 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 2 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% dan nilai rata-rata siswa 83. Pembelajaran dengan menggunakan model Example Non Example pada mata pelajaran IPA pokok bahasan lingkungan sehat di kelas IV SD Negeri 040541 Suka Tahun Pelajaran 2019/2020, adalah pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik, tuntas secara klasikal, dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Result Of Example Non Example Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP.196612231992031002
Pembimbing IIJulius Boy Nesra Basgimata Barus, M.Pd-NIDN.0117038710
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:26
Last Modified: 16 Nov 2020 06:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item