MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU PADA POKOK BAHASAN PERSEGI SISWA KELAS VI SDN 091380 SARIBUJANDI T.P 2019/2020

TARIGAN, ADE RIZKY, 1605030089 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN BERPAKU PADA POKOK BAHASAN PERSEGI SISWA KELAS VI SDN 091380 SARIBUJANDI T.P 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (679kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (309kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran; (2) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa; (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Siswa dengan Menggunakan alat peraga Papan Berpaku pada pokok bahasan Persegi siswa kelas VI SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 berjumlah 25 orang.Objek penelitian ini adalah penggunaan alat peraga Papan Berpaku pada pokok bahasan Persegi siswa kelas VI SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020.Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes. Penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh nilai 65,4 dengan kategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 20 orang dan tidak tuntas 5 orang, ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 80% dengan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 81. Penelitan Siklus II diproleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 79,8% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh nilai 80 dengan kategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 22 orang dan tidak tuntas 3 orang, ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 88% dengan rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 84,5. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga Papan Berpaku pada pokok bahasan Persegi siswa kelas VI SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 dengan rincian observasi mencapai kategori baik, ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan alat peraga Papan Berpaku pada pokok bahasan Persegi siswa kelas VI SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 sudah tuntas secara klasikal,dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga Papan Berpaku pada pokok bahasan Persegi siswa kelas VI SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Nailing Board Props, Square
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 511 Finite Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.PdUNSPECIFIEDNIP.196106011988012001
Pembimbing IIRestio Sidebang, S.Pd., M.PdUNSPECIFIEDNIDN.0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:32
Last Modified: 16 Nov 2020 09:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item