MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT (ORIGAMI) PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA SISWA KELAS IV SDN 091380 SARIBUJANDI T.P 2019/2020

PERANGIN-ANGIN, ARIANI BR, 1605030097 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KERTAS LIPAT (ORIGAMI) PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA SISWA KELAS IV SDN 091380 SARIBUJANDI T.P 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (749kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (999kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (506kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan media Origami, mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Origami pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Segitiga di kelas IV SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020. Lokasi penelitian adalah SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Segitiga menggunakan media Origami. Instrumen yang digunakan adalah lembar obsevasi dan tes essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi guru diperoleh sebesar 80% kriteria baik, dan hasil Siklus II diperoleh sebesar 86,8% kriteria sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai 80 kriteria baik dan pada Siklus II memperoleh nilai sebesar 87,2 kriteria baik. Ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 23 orang dan yang belum tuntas sebanyak 6 orang sedangkan pada Siklus II yaitu 26 orang dan yang belum tuntas sebanyak 3 orang siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 79,3% dan Siklus II yaitu 89,7%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 78,6, dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 85. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah dalam kategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tuntas secara klasikal, hasil belajar siswa telah meningkat setelah menggunakan media Origami pada mata pelajaran matematika pokok bahasan Segitiga di kelas IV SDN 091380 Saribujandi T.P 2019/2020 meningkat.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Study, Learning Outcomes, Learning Media, Origami Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Elisa, M.Pd-NIP.196106011988012001
Thesis advisorRestio Sidebang, S.Pd., M.Pd-NIDN.0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Mar 2020 07:48
Last Modified: 16 Nov 2020 07:07
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/423

Actions (login required)

View Item View Item