PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

TARIGAN, EVA LINA, 1605030164 (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (958kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (355kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (736kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia di kelas III SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 31 orang, dan objek penelitiannya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk sisklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengambilan data yaitu menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat pada siklus I hasil untuk aktivitas guru adalah 60,3% berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas guru meningkat menjadi 74,7% berkategori baik. Pada lembar observasi aktivitas siswa siklus I diperoleh hasil 68,8 berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 86,6 berkategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siklus I adalah 24 orang, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 27 orang siswa dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal meningkat siklus I 77,42% meningkat menjadi 87,10% dengan nilai rata-rata siklus I adalah 70,96, pada siklus II meningkat menjadi 76,12. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata pelajaran IPA materi Cuaca dan Pengaruhnya Bagi Manusia di kelas III SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Learning Outcomes, Model Number Head Together
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP.196609171993031002
Pembimbing IINilam Sari, S.Si., M.Pd-NIDN.0107048503
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 13 Mar 2020 08:59
Last Modified: 17 Nov 2020 02:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item