MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUB TEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

SURBAKTI, MITRA BETANI BR, 1605030162 (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 5 SUB TEMA 1 DI KELAS V SD NEGERI 040462 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (932kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (328kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (352kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (828kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (683kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasanan hasil belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makananya dengan menggunakan Media Gambar. Sebagai subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 24 orang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, dengan teknik pengumpulan data lembar observasi dan tes. Hasil analis data siklus I dan siklus II, diperoleh aktivitas guru meningkat dari 60,6% menjadi 73,8% adanya peningkatan sebesar 13,2%. Aktifitas siswa meningkat dari 64,4 menjadi 84,4. Siswa yang tuntas belajar 18 (75%) menjadi 21 (87,5%), dan rata-rata hasil belajar siswa juga meningkat dari 70 menjadi 80,83. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di kelas V SD Negeri 040462 Berastagi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sciences Learning Outcomes and Image Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IBijak Ginting, S.Sn., M.Hum-NIDN.0108046804
Pembimbing IIJohannes Keliat, S.Pd., M.Pd-NIDN.0118028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 13 Mar 2020 09:05
Last Modified: 16 Nov 2020 08:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item