MANIK, VERONIKA BR GINTING, 1505030045 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (140kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (147kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (448kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (635kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (104kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakana Model Make A Match pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019 Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 040471 Kampung Merdeka yang berjumlah 29 orang siswa dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran pada Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat yang dilakukan dengan menggunakan model Make A Match. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes uraian dan lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil observasi aktifitas guru diperoleh 80% kreteria baik, pelaksaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh 86 kreteria baik sekali, ketuntasan secara klasikal diperoleh 89,6% dan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 91,3 adanya perbedaan kemampuan siswa yang signifikan ini setelah dilaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksaaan pembelajaran pembelajaran termasuk dalam kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat di Kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Make A Match Models | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2020 06:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Jan 2021 07:50 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/438 |
Actions (login required)
View Item |