MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MANIK, VERONIKA BR GINTING, 1505030045 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 040471 KAMPUNG MERDEKA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (140kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (448kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (635kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (104kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakana Model Make A Match pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 040471 Kampung Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019 Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040471 Kampung Merdeka. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 040471 Kampung Merdeka yang berjumlah 29 orang siswa dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran pada Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat yang dilakukan dengan menggunakan model Make A Match. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes uraian dan lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil observasi aktifitas guru diperoleh 80% kreteria baik, pelaksaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh 86 kreteria baik sekali, ketuntasan secara klasikal diperoleh 89,6% dan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 91,3 adanya perbedaan kemampuan siswa yang signifikan ini setelah dilaksanaan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksaaan pembelajaran pembelajaran termasuk dalam kategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan Model Make A Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat di Kelas V SD Negeri 040471 Kampung Merdeka.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Make A Match Models
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:50
Last Modified: 29 Jan 2021 07:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item